Kamis, 17 Januari 2013

Universitas Bunda Mulia


Lintas Sejarah

Cikal bakal Universitas Bunda Mulia adalah dari dua sekolah tinggi yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Bunda Mulia, yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) dan Sekolah tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bunda Mulia.

Bermula dari Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Bunda Mulia yang didirikan dengan Akta Notaris Mohamad Said Tadjoedin no.108 tanggal 11 Desember 1986. AMIK Bunda Mulia berdiri berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud No. 183/O/1987 tanggal 30 Maret 1987 untuk program studi Manajemen dengan jenjang pendidikan Diploma Tiga (D-III).

Pada tahun 1995 berdasarkan SK Dirjen Dikti No.429/Dikti/Kep/1995 tanggal 10 Oktober 1995 AMIK berubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Manajemen dan Komputer Bunda Mulia (STMIK Bunda Mulia). Seiring dengan perkembangan di lingkungan Bunda Mulia, dan juga kepercayaan dari masyarakat dan pemerintah, maka STMIK Bunda Mulia berubah menjadi Universitas Bunda Mulia dengan dikeluarkannya SK Menteri Pendidikan Nasional No. 73/D/O/2003 pada tanggal 10 Juni 2003, yang memuat mengenai pemberian ijin penggabungan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) serta penambahan program-program studi baru menjadi Universitas Bunda Mulia.



Visi dan Misi

V I S I :
Menjadi perguruan tinggi unggulan yang menyelenggarakan pendidikan berkualitas tinggi dan berorientasi pada industri
M I S I :

1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan siap pakai yang mempunyai kompetensi dan daya saing tinggi dibidang keilmuan masing-masing.

2. Menyelenggarakan program-program penelitian dan pengembangan guna menghasilkan konsep-konsep, teori dan hasil kajian yang secara fungsional dapat mendukung pengembangan kehidupan bermasyarakat.

3. Melaksanakan dan mengembangkan program-program pengabdian kepada masyarakat melalui bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bermanfaat bagi kemajuan masyarakat.



NILAI INTI
Commitment

memiliki komitmen dan kesetiaan pada institusi/almamater beserta visi dan misinya
Accountability

melakukan tugas dengan penuh tanggung jawab sesuai prosedur dan aturan yang berlaku
Respect

memiliki kepedulian dan saling menghargai dalam semangat kebersamaan
Excellence

mengembangkan diri secara terus-menerus dan berkesinambungan untuk memberikan hasil yang terbaik.
KEBIJAKAN MUTU :
Selalu meningkatkan layanan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang bermutu dan siap pakai dalam memenuhi kebutuhan dunia usaha, berdasarkan undang-undang pendidikan nasional yang berlaku.



About UBM :
Globalisasi merupakan gelombang masa depan berikutnya. Hanya yang terbaik yang dapat berlomba dan bertahan. Pendidikan berkualitas merupakan salah satu cara berkompetensi menghadapi globalisasi. Melalui Yayasan Pendidikan Bunda Mulia yang didirikan pada tahun 1986 kami telah mendidik dan menyiapkan kader-kader untuk menghadapi dan memecahkan problema tersebut.

Pada tahun 2003 Yayasan Pendidikan Bunda Mulia telah mengembangkan kampus kedua yang berlokasi di Jl. Lodan Raya No.2, Jakarta utara, dengan luas tanah 45.000 m2. Kampus yang baru ini sangat canggih dan dilengkapi dengan infrastruktur teknologi informasi, misalnya, koneksi Internet berkecepatan-tinggi, laboratorium bahasa yang dilengkapi dengan monitor liquid crystal display dan laboratorium komputer yang maju untuk mendukung proses belajar mengajar.

Karena pendidikan bersifat sosial, maka sebagai salah satu tanggung jawab moral, Yayasan juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang tidak mampu. Dengan mutu dan kecanggihan sumber-daya dan team profesional yang handal, kami yakin Bunda Mulia akan memberikan kontribusi yang besar untuk negara serta dunia pendidikan.



Arti Logo :
Dasar Pemikiran :
Filosofi logo mengacu pada visi dan misi dari komitmen Bunda Mulia (BM) untuk menyiapkan insan bermutu, profesional dan berwawasan global melalui pendidikan yang modern dan mandiri dalam bidang teknologi informasi dan pengembangan aplikasinya.
Filosofi Visual :
Typografi yang merupakan akronim dari Universitas Bunda Mulia, menggunakan huruf kecil mencerminkan kerendahan hati Universitas Bunda Mulia dalam langkahnya kedepan untuk menyiapkan pendidikan yang selalu up to date dan relevan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lingkaran elips (bulat lonjong) dengan point-point bergradasi melambangkan kurikulum pendidikan Universitas Bunda Mulia yang tak kenal henti dalam meningkatkan kualitas SDM yang bergerak selaras dalam pusaran globalisasi dan arus informasi.
Warna yang digunakan mempunyai makna sebagai berikut :
Biru adalah warna teknik/teknologi yang menyiratkan ketenangan, kedewasaan, kemantapan dalam berkarya, tapi selalu maju selaras waktu dalam penguasaan teknologi.
Kuning krem melambangkan sifat maju dalam berpikir, inovatif, tajam dan cemerlang dalam pemikiran.
Abu-abu melambangkan kemajuan pemikiran, kemoderenan, dan keintelegensiaan.


Sistem Penjaminan Mutu
Universitas Bunda Mulia memiliki standar Quality Assurance untuk memastikan bahwa sistem administrasi maupun kegiatan operasional di dalam kampus dijamin mutunya. Hal ini tampak dengan diperolehnya sertifikasi ISO 9001:2008 dengan implementasi IWA2.

Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, Universitas Bunda Mulia memiliki prosedur-prosedur dan ketentuan yang wajib dilaksanakan dan dipatuhi oleh seluruh karyawan dan mahasiswa. Adapun daftar prosedur dan ketentuan tersebut adalah:

Prosedur dan Ketentuan:

1. Manajemen Pemasaran

2.1 Manajemen Kurikulum

2.2 Manajemen Dosen & Penelitian

2.3 Manajemen Kegiatan

3.1 Manajemen Layanan Mahasiswa

3.2 Manajemen Layanan Akademik

3.3 Manajemen Perpustakaan

4. Manajemen Sumber Daya Manusia

5. Manajemen Sarana & General Affair

6. Manajemen Teknologi Informasi

7. Manajemen Penjaminan Mutu

8. Manajemen Keuangan

Untuk selengkapnya disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar